Pages

Subscribe:

Sunday 17 November 2013

Mendesain Kamar Mandi yang Kecil

Mendesain kamar mandi yang kecil atau sempit tampaknya akan tersa lebih sulit. Apalagi anda bukan seorang yang mempunyai pengatahuan yang lebih tentang desain interior. Penempatan peralatan mandi pada bidang yang terbatas, membutuhkan perhatian dan perencaan yang matang.

Jika anda memiliki kamar mandi yang kecil, anda tidak perlu khawatir karena ada banyak ide yang kreatif yang akan menjadikan kamar mandi anda menjadi tampak lebih luas dan indah.


Salah satu strategi bila rumah anda memilki kamar mandi yang sempit adalah dengan mengoptimalkan ruang tanpa banyak menggunakan peralatan di dalamnya. 

desain kamar mandi modern
Desain kamar mandi modern

pemilihan warna cat kamar mandi
Pemilihan warna cat kamar mandi

warna cat kamar mandi
Warna yang tepat menjadikan kamar mandi lebih elegan


Mencari informasi dari internet aupun buku-buku dapat membantu anda untuk mendesain kamar mandi anda.
Perencanaan pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis kamar mandi, apakah anda ingin memiliki kamar mandi penuh atau kamar mandi setengah.

Kamar mandi penuh adalah kamar mandi yang didesain dengan karakteristik sebuah ruangan untuk kegiatan mandi, sedangkan kamar mandi setengah adalah kamar mandi yang hanya mencakup wastafel dan toilet. Jika anda menginginkan kamar mandi setengah maka anda harus mencari desin yang sederhana dengan warna dan furniture yang sederhana pula.

Ketika anda mendesain kamar mandi yang sempit, ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan antara lain:
Agar kamar mandi anda yang sempit bisa tampak lebih luas dengan memanfaatkan cermin yang ada. Ingat menggunakan cermin yang ada di ruang yang sempit adalah salah satu cara terbaik untuk menciptakan ilusi menjadi ruang yang lebih luas. Bahkan cara ini merupakan ide andalan bagi para desain interior berpengalaman.  Dengan cermin ruangan sempit tampak lebih luas sehingga orang merasa lebih nyaman.

desain kamar mandi
Desain interior kamar mandi

desain kamar mandi
Desain interior kamar mandi

desain kamar mandi
Desain interior kamar mandi

desain kamar mandi
Desain interior kamar mandi

Ada beberapa aturan cara memasang cermin untuk keperluan efek yang lebih luas yaitu, pemasangan cermin hanya boleh dilakukan pada satu sisi ruangan saja, jumlah cermin yang banyak menyebabkan orang merasa tidak nyaman. Oleh karena itu pasang satu cermin dengan ukuran yang besar dengan sudut yang tepat adalah cara terbaik untuk mencapai efek yang diinginkan.

Hal penting selanjutanya untuk mendesain kamar mandi yang sempit adalah jenis toilet yang dipilih. Jenis toiler duduk sangat cocok untuk dipasang pada kamar mandi yang sempit karena tidak mengambil banyak ruang. Untuk pemilihan warna toilet, anda disarankan lihat-lihat banyak produk yang di jual di toko bangunan.

Selanjutnya, penggunaan warna-warna terang dan lembut dapat dijadikan pilihan agar kamar mandi ada terlihat lebih lebar.