Pages

Subscribe:

Wednesday 20 November 2013

Keunggulan Menggunakan Baja Ringan Sebagai Konstruksi Rumah

keunggulan baja ringan

Material bangunan dari baja ringan semakin diminati. Bahan ini terbukti aman dari goncangan gempa sehingga banyak digunakan untuk pembuatan rumah-rumah darurat. Selain sebagai bahan rumah darurat, ternyata baja ringan juga digunakan untuk pembuatan rumah-rumah mewah.

Hanya saja sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan ini, anda harus mengetahui cara memilih baja ringan yang tepat. Karena tidak semua bahan baja ringan mempunyai kekuatan yang sama. Karena jika anda salah memilih baja ringan, maka dapat menimbulkan kerugian material dan non material. Artinya tidak asal baja ringan.

Umumnya baja ringan adalah kuat, ringan dan fleksibel terhadapt getaran dan goncangan serta tahan dari api. Kelebihan baja ringan tersebut sudah pasti menyedot banyak peminat bila dibandingkan dengan bahan lainnya.

Keuntungan lain adalah. Baja ringan cepat dan mudah untuk diinstalasi dan mudah untuk diangkut. Karena produk ini dapat dikemas sedemikian rupa.

Dengan berkurangnya bahan dari kayu yang berkualitas, pilihan baja ringan bukan menjadi alternative lagi, melainkan sudah menjadi pilihan utama. Berikut saya jelaskan beberapa keuntungan baja ringan bila dibandingkan dengan bahan lain.

Tahan rayap. Salah satu ancaman rumah yang dibuat dari material kayu adalah rayap. Kayu yang memiliki kualitas yang rendah lebih cepat dimakan rayap. Oleh karena itu menggunakan material kayu menyedot anggaran biaya perawatan agar terhindar dari rayap dan  binatang lain perusak kayu.

Instalasi cepat. Baja ringan didesain dengan komputerisasi, sehingga untuk merancang rangka rumah akan cepat dilakukan dan dikerjakan sesuai dengan modul bagian-bagian rumah. Ada modul dinding, ada modul atap. Sehingga tukang yang mengerjakan tidak usah mengukur lagi tinggal menggabungkan modul-modul yang sudah didesain dan dibuat oleh komputer.

Kuat menghadapi iklim. Material kayu cepat lapuk bila bila menghadapi cuaca dingan dan dan panas. Kebocoran pada atap dapat merembes pada rangka atap. Lama kelamaan rangka kayu akan lapuk. Inilah dapat menimbulkan kerugian.

Tahan api. Salah satu ancaman selanjutnya dari material kayu adalah mudah terbakar. Bila menggunakan baja ringan ancaman ini dapat diminimalisir, karena baja lebih tahan api.

Dari keunggulan yang disebutkan diatas, yang tak kalah penting adalah detail pemasangan terutama bagi rumah yang didesain untuk tahan gempa.

Bila anda ingin menggunakan baja ringan hanya untuk bagian rumah saja. Biaya yang anda keluarkan lebih mahal sekitar 15% dari pada dari material lain. Tapi bila anda menggunakan baja ringan untuk seluruh material rumah, biaya yang dibutuhkan akan lebih ringan dibandingkan dengan bahan lain. Karena biaya untuk membuat pondasi rumah tidak semahal ketika rumah anda terbuat dari kayu atau bata.